Cara Membersihkan Cache Laptop

Cache adalah sekumpulan data yang tersimpan dari pemakaian perangkat. Untuk Anda yang pengguna Smartphone baik Android maupun iPhone, sudah pasti tidak begitu asing lagi dengan istilah ini.

Cache sendiri berfungsi untuk membuat perangkat supaya lebih cepat dan responsif. Cara kerjanya yakni dengan menyimpan data yang diperlukan, supaya bisa diakses kembali. Sehingga perangkat tidak perlu lagi mengakses data baru.

Nah, selain di Smartphone, cache juga sebenarnya bisa ditemukan di beberapa perangkat lain.. Misalnya Laptop.

Dan kebetulan pada artikel ini saya ingin membahas, bagaimana caranya untuk membersihkan cache di Laptop. Karena saya yakin pasti banyak yang butuh.

Membersihkan Cache Laptop

Menghapus cache di Laptop tidaklah sulit, dan juga menurut saya penting dilakukan jika Anda sudah merasa laptop Anda lemot, lambat, hang dan sejenisnya.

Bukan hanya itu lho, cache juga bisa membuat drive pada harddisk Anda menjadi penuh. Jadi jangan heran kalau Anda melihat drive Anda full, padahal data sudah banyak dihapus.

Walau penting dan caranya tidak sulit dilakukan, sayangnya menghapus cache di Laptop masih banyak kurang diketahui orang-orang.

Cara Menghapus Cache di Laptop (Windows)

Sama seperti Android yang data cachenya bisa dihapus, perangkat Laptop (Windows) tentu saja juga bisa. Namun perlu diketahui, membersihkan cache di Laptop tentu saja caranya berbeda dengan yang di Android.

Nah, seperti yang saya bilang sebelumnya, disini saya akan membahas cara untuk membersihkan cache khusus untuk Laptop, yang bisa Anda terapkan di versi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Baca Juga : Smart TV Termurah di masa kini

 

Langsung saja, kita bahas caranya :

1. Menghapus Cache Laptop Dari Folder Temp dan %Temp%

Nama lain dari file cache, adalah file Temporary (Sementara). Nah, khusus di Windows, kita bisa menemukan file-file temporary ini di folder khusus, yakni folder Temp.

Ya, folder temp adalah folder dimana seluruh file cache tersimpan. Dan bukan itu saja, file-file dari browser seperti Cookies, History dan data lainnya juga ada di dalam folder ini.

Tahap pertama dalam pembersihan file cache, adalah dengan cara menghapus seluruh file yang berada di folder ini. Karena terkadang isinya memiliki ukuran yang cukup besar (Hingga beberapa GB).

Caranya:

  • Pertama, buka program RUN. Caranya tekan tombol Windows + huruf R di Keyboard Anda. Setelah itu ketikkan Temp kemudian klik OK:
Program Run
  • Kemudian akan muncul jendela baru. Nah, Anda akan melihat banyak sekali file dan folder disana. Klik Ctrl + A kemudian Delete seluruh file tersebut:
File cache
  • Lanjut lagi, buka program Run kemudian ketikkan %temp% lalu klik OK:
Temp cara kedua
  • Sama seperti sebelumnya, klik Ctrl + A kemudian delete seluruh isi dari folder %temp% tadi.
Data-data cache

Setelah itu restart Laptop Anda, kemudian lanjut lagi ke cara berikutnya.

Dijamin Ampuh! Cara Mengatasi Laptop Lemot

2. Membersihkan Cache Laptop Memakai fitur Disk Cleanup

Disk Cleanup, adalah sebuah fitur Windows yang berfungsi untuk membersihkan seluruh junk files yang ada pada drive tertentu.

Bukan cuma junk files lho, data-data lain seperti catatan tertentu pada Windows, file-file di recyle bin, data-data internet dan lain-lain bisa dihilangkan menggunakan Disk Cleanup.

Nah, setelah Anda melakukan penghapusan file cache pada temporary tadi, Anda juga harus menggunakan Disk Cleanup ini. Karena pada dasarnya cachenya belum sepenuhnya hilang.

Baca Juga : Laptop Harga kurang dari 5 juta

  • Pertama, silakan klik kanan drive sistem (Biasanya C:) kemudian klik Properties :
Properties Drive
  • Setelah itu klik Disk Cleanup:
Disk Cleanup Drive
  • Nah, centang opsi clean yang Anda inginkan. Dan karena kita tadi menghapus data temp, jangan lupa untuk mencentang opsi dari Recycle Bin:
Membersihkan Recycle Bin

Setelah Anda mengklik OK, Anda tinggal menunggu saja proses pembersihannya. Nah, jika sudah jangan lupa untuk merestart Laptop Anda supaya mengefek.

Selain Drive C:, lakukan juga cara ini untuk drive lainnya (D: E: misalnya) supaya seluruh file cache yang ada bisa terhapus.

Baca Juga: Ganti Wallpaper di Windows itu Mudah Banget Lho

3. Menghilangkan Cache Laptop Menggunakan Aplikasi CCleaner

CCleaner, adalah salah satu aplikasi favorit saya yang sering saya pakai. Aplikasi ini memang didesain khusus untuk mengoptimalisasi sistem agar selalu berada dalam kinerja yang maksimal.

CCleaner ini memiliki berbagai macam fitur, seperti bisa membersihkan Registry, Data browser, Uninstall file hingga menghapus game atau software.

Selain itu, dengan menggunakan CCleaner Anda juga bisa menghapus cache di Laptop Anda dengan mudah.

  •  Buka aplikasi CCleaner Anda (Jika belum ada, install dulu) kemudian masuk ke Menu Cleaner :
Menu Cleaner di CCleaner
  •  Pilih opsi apa saja yang ingin dibersihkan, kemudian klik Run Cleaner
Membersihkan file cache menggunakan ccleaner

Setelah itu Anda tinggal menunggu prosesnya. Lama tidaknya tergantung dari seberapa banyak file cache Anda tersimpan. Dan setelah selesai dibersihkan, restart Laptop Anda.

Oh ya, untuk opsi pembersihannya tergantung kebutuhan. Karena disana banyak sekali pilihan-pilihan untuk membersihkan junk files sekaligus cache pada Windows Anda.

 

Baca Juga :

  1. Cara Install Ulang Macbook Pro
  2. Cara Install Windows 7
  3. Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk
  4. Cara Install Windows 8
  5. Cara Mengatur Kecerahan Cahaya Laptop

 

Comments