Cara Mengatur Kecerahan Cahaya Laptop

Kali ini Blogger akan membagikan Trik singkat, cara mengatur kecerahan tampilan pada layar lapotp sobat blogger, dimana cahaya pada laptop sangat mempengaruhi mata kita, disaat layar laptop terlalu cerah ataupun sebaliknya

Oke, untuk mempersingkat waktu silakan sobat blogger langsung aja baca Trik dibawah ini :

Cara mengatur cahaya laptop

Sebenarnya cara mengatur cahaya laptop sangat mudah, yaitu menggunakan tombol pada keyboard dan melalui sistem. Setiap laptop memiliki sebuah tombol khusus untuk mengatur cahaya laptop. Tombol ini letaknya berbeda-beda tergantung merk dan tipe laptop. Begitupun pada sistem operasi akan disediakan menu khusus untuk mengatur cahaya laptop.

Seperti yang Anda ketahui bahwa pencahayaan pada layar laptop itu sangat penting. Gunanya untuk memberikan kenyaman pada mata ketika menatap layar laptop.

Setiap orang pasti akan menyukai tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan tingkat kecerahan yang sangat tinggi dan ada juga yang suka dengan tingkat kecerahan yang agak rendah.

Sebenarnya untuk pemilihan tingkat kecerahan yang pas, biasanya sesuai kenyamanan mata masing-masing orang dan kondisi cahaya disekitar tempat Anda meletakkan laptop. Pastikan Anda tidak menatap layar yang sangat terang karena bisa menyebabkan mata menjadi sakit.

Berbeda dengan komputer, di laptop akan lebih sering mengatur tingkat kecerahan layar karena laptop sering dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, selalu harus menyesuaikan dengan lingkungan sekitar yang baru.

Lalu bagaimana cara mengatur tingkat kecerahan pada layar laptop? Berikut ini langkah-langkah mengatur cahaya laptop baik mencerahkan maupun meredupkan layar laptop Acer, Asus, Lenovo, dan lain-lain.
Info penting: Pastikan driver VGA telah terinstal di laptop Anda.

Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 7

  1. Klik Start, lalu klik Contol Panel.
  2. Selanjutnya klik Hardware and Sound.
  3. Kemudian klik Power Options.
  4. Geser tombol slider ke kanan untuk mencerahkan layar laptop di Windows 7 dan geser ke kiri untuk meredupkan layar laptop di Windows 7.
    Cara mengatur cahaya laptop

Cara Cepat Mengakses Halaman Screen Brightness Windows 7

  1. Klik icon baterai pada taskbar, lalu klik Adjust Screen Brightness.
  2. Kemudian akan muncul halaman pengaturan brightness.
  3. Selanjutnya atur tingkat kecerahan layar laptop sesuai keinginan dan kenyamanan.
Pada Windows 7 opsi pengaturan kecerahan laptop lebih sedikit dibanding Windows 10. Agar lebih jelas, berikut ini opsi pengaturan kecerahan laptop di Windows 10.

    Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 10

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Melalui Menu Settings

    1. Klik Start (icon Windows) yang berada di pojok kiri bawah layar.
    2. Lalu klik Settings (icon gear) atau bisa langsung membuka menu Settings dengan menekan tombol Windows + I.
    3. Klik System.
    4. Selanjutnya klik Display.
    5. Pada pengaturan Brightness and color, slider ke kanan untuk mencerahkan layar laptop dan slider ke kiri untuk meredupkan layar laptop.
      Cara mengatur cahaya laptop

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Melalui Action Center

    1. Klik Action Center yang berada di pojok kanan bawah, atau bisa langsung menekan tombol Windows + A.
    2. Geser slide ke kanan untuk menerangkan layar laptop dan geser kekiri untuk menurunkan cahaya laptop.
      Cara mengatur cahaya laptop

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Melalui Windows Mobility Center

    1. Klik kanan pada menu Start (tombol Windows + X), lalu pilih Mobility Center.
    2. Pada Display brightness, geser slider ke kanan untuk menambah cahaya laptop dan geser ke kiri untuk mengurangi cahaya laptop.

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Melalui Display Settings

    1. Klik kanan pada tampilan utama Windows 10, lalu pilih Display settings.
    2. Akan muncul laman Display Windows 10.
    3. Pada Brightness and color, geser slider ke kanan dan ke kiri untuk mengatur kecerahan laptop.

    Kemudian masih ada cara yang paling cepat dan bisa diterapkan di semua sistem operasi, yaitu menggunakan tombol pada keyboard laptop.

      Cara Mengatur Cahaya Laptop dengan cepat

      Selain cara di atas, masih ada cara lain yang paling cepat dan mudah. Cara ini berlaku untuk semua sistem operasi, baik Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10.

      Caranya cukup dengan menekan tombol Fn + Panah Kanan untuk menaikkan tingkat kecerahan pada layar laptop. Lalu untuk menurunkan tingkat kecerahan pada layar laptop bisa menekan tombol Fn + Panah Kiri.

      Jika masih belum bisa, coba tekan tombol Fn + Panah atas untuk menaikkan tingkat kecerahan layar laptop. Kemudian untuk menurunkan tingkat kecerahan layar laptop bisa menekan tombol Fn + Panah bawah.


      Apabila masih belum bisa juga, coba perhatikan tombol function dari F1 - F12 di laptop Anda. Lihat dengan teliti dimana letak tombol yang ada icon brightness atau semacam icon matahari bersinar. Nah, apabila sudah menemukan tombol tersebut, coba tekan beberapa kali atau tekan lalu tahan. Jika masih belum bisa coba kombinasikan dengan tombol Fn.
      Cara mengatur cahaya laptop

      Itulah beberapa cara mengatur cahaya laptop. Semoga dapat membantu teman-teman mengatur tingkat kecerahan layar laptop. Apakah teman-teman memiliki cara yang lain? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

      Comments