PROSEDUR AUDIT
Prosedur – Prosedur Audit
Prosedur Audit adalah tindakan yang di lakukan atau metode dan taknik yang digunakan oleh auditor untuk mendapatkan atau mengevaluasi bukti audit.
Jenis – Jenis Prosedur Audit
• Prosedur Analitis
Terdiri dari kegiatan yang mempelajari dan membandingkan data yang memiliki hubungan.Prosedur analitis mengahsilkan bukti analitis.
• Menginspeksi
Meliputi kegiatan pemeriksaan secara teliti atau pemeriksaan secara mendalam atas dokumen catatan atau pemeriksaan fisik atas sumber-sumber berwujud. Dengan cara ini auditor dapat membuktikan keaslian suatu dokumen.
• Mengkonfirmasi
Adalah suatu bentuk pengajuan pertanyaan yang memungkinkan auditor untuk mendapatkan informasi langsung dari sumber independent dari luar perusahaan.
• Mengajukan pertanyaan
Hal ini bisa dilakukan secar lesan ataupun tertulis.Pertanyaan bisa dilakukan kepada sumber intern pada perusahaan klien atau pada pihak luar.
• Menghitung
Penerapan prosedur menghitung yang paling umum dilakukan adalah
1.melakukan perhitungan fisik atas barang-barang berwujud
2.menghitung dokumen bernomor tercetak
Tindaka yang pertama dimaksudkan untuk mengevaluasi bukti fisik dari jumlah yang ada di tangan sedangkan yang kedua merupakan cara untuk mengevaluasi bukti dokumen khususnya yang berkaitan dengan kelengkapan catatan akuntansi.
• Menelusur
Yang biasa dilakukan adalah :
1. memilih dokumen yang di buat pada saat transaksi terjadi
2. menentukan bahwa dokumen pada transaksi tersebut telah dicatat dengan tepat dalam catatan akuntansi.
Prosedur Audit adalah tindakan yang di lakukan atau metode dan taknik yang digunakan oleh auditor untuk mendapatkan atau mengevaluasi bukti audit.
Jenis – Jenis Prosedur Audit
• Prosedur Analitis
Terdiri dari kegiatan yang mempelajari dan membandingkan data yang memiliki hubungan.Prosedur analitis mengahsilkan bukti analitis.
• Menginspeksi
Meliputi kegiatan pemeriksaan secara teliti atau pemeriksaan secara mendalam atas dokumen catatan atau pemeriksaan fisik atas sumber-sumber berwujud. Dengan cara ini auditor dapat membuktikan keaslian suatu dokumen.
• Mengkonfirmasi
Adalah suatu bentuk pengajuan pertanyaan yang memungkinkan auditor untuk mendapatkan informasi langsung dari sumber independent dari luar perusahaan.
• Mengajukan pertanyaan
Hal ini bisa dilakukan secar lesan ataupun tertulis.Pertanyaan bisa dilakukan kepada sumber intern pada perusahaan klien atau pada pihak luar.
• Menghitung
Penerapan prosedur menghitung yang paling umum dilakukan adalah
1.melakukan perhitungan fisik atas barang-barang berwujud
2.menghitung dokumen bernomor tercetak
Tindaka yang pertama dimaksudkan untuk mengevaluasi bukti fisik dari jumlah yang ada di tangan sedangkan yang kedua merupakan cara untuk mengevaluasi bukti dokumen khususnya yang berkaitan dengan kelengkapan catatan akuntansi.
• Menelusur
Yang biasa dilakukan adalah :
1. memilih dokumen yang di buat pada saat transaksi terjadi
2. menentukan bahwa dokumen pada transaksi tersebut telah dicatat dengan tepat dalam catatan akuntansi.
• Mencocokkan ke dokumen
Kegiatannya meliputi :
1. memilih ayat jurnal tertentu dalam catatan akuntansi
2. mendapatkan dan menginspeksi dokumen tanyg menjadi dasar pembuatan ayat jurnal tersebut untuk menentukan validasi dan ketelitian transaksi yang dicatat.
• Mengamati
Aktivitas ini merupakan kegiatan rutin dari suatu tipe transaksi.
• Melakukan ulang
Auditor juga bisa melakukan ulang beberapa aspek dalam proses transaksi tertentu untuk memastikan bahwa proses yang telah dilakukan klien sesuai dengan prosedur dan kebijakan pengendalian yang telah di tetapkan.
• Teknik audit berbantu computer
Penggolongan prosedur audit
• Prosedur untuk mendapatkan pemahaman
• Pengajuan pengendalian
• Pengujian subtantif
Terdiri dari
1. prosedur analitis.2. pengujian detil transaksi
3. pengujian detil saldo-saldo
KERTAS KERJA
Fungsi kertas kerja :
• menyediakan penunjang utama bagi laporan audit
• membantu auditor dalam melaksanakan dan mensupervisi audit
• menjadi bukti bahwa audit telah di laksanakan sesuai dengan standar auditing
Jenis kertas kerja
• daftar saldo pemeriksaan
hal ini menjadi penting karena :
Kegiatannya meliputi :
1. memilih ayat jurnal tertentu dalam catatan akuntansi
2. mendapatkan dan menginspeksi dokumen tanyg menjadi dasar pembuatan ayat jurnal tersebut untuk menentukan validasi dan ketelitian transaksi yang dicatat.
• Mengamati
Aktivitas ini merupakan kegiatan rutin dari suatu tipe transaksi.
• Melakukan ulang
Auditor juga bisa melakukan ulang beberapa aspek dalam proses transaksi tertentu untuk memastikan bahwa proses yang telah dilakukan klien sesuai dengan prosedur dan kebijakan pengendalian yang telah di tetapkan.
• Teknik audit berbantu computer
Penggolongan prosedur audit
• Prosedur untuk mendapatkan pemahaman
• Pengajuan pengendalian
• Pengujian subtantif
Terdiri dari
1. prosedur analitis.2. pengujian detil transaksi
3. pengujian detil saldo-saldo
KERTAS KERJA
Fungsi kertas kerja :
• menyediakan penunjang utama bagi laporan audit
• membantu auditor dalam melaksanakan dan mensupervisi audit
• menjadi bukti bahwa audit telah di laksanakan sesuai dengan standar auditing
Jenis kertas kerja
• daftar saldo pemeriksaan
hal ini menjadi penting karena :
1. merupakan penghubung antar rekening buku
besar klien dengan pos yang dilaporkan dalam laporan keuangan.
2.
merupakan
pengontrol atas kertas kerja yang lain
3. memberi petunjuk pada kertas kerja yang mana
dimuat bukti audit untuk setiap pos laporan keuangan.
• Daftar dan analisis
• Memo audit dan informasi penguat
Adalah data tertulis yang di buat auditor dalam bentuk uraian. Memo bisa berupa komentar atas pelaksanaan prosedur audit dan kesimpulan yang di capai. Sedang informasi penguat terdiri dari :
1. ringkasan atau intisari notulen rapat dewan komisaris
2. jawaban konfirmasi
3. representasi tertulis dari manajemen dan ahli dari luar
• Daftar dan analisis
• Memo audit dan informasi penguat
Adalah data tertulis yang di buat auditor dalam bentuk uraian. Memo bisa berupa komentar atas pelaksanaan prosedur audit dan kesimpulan yang di capai. Sedang informasi penguat terdiri dari :
1. ringkasan atau intisari notulen rapat dewan komisaris
2. jawaban konfirmasi
3. representasi tertulis dari manajemen dan ahli dari luar
4. salinan kontrak politik
• jurnal penyesuaian dan reklasifikasi
adalah koreksi atas kekeliruan, penghilangan atau kesalahan penerapan prinsip akuntansi yang dilakukan oleh klien. Jurnal reklasifikasi berkaitan dengan penyajian saldo yang benar dalam laporan keuangan secara baik.
Pembuatan kertas kerja
Beberapa teknik penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kertas kerja :
1. judul
2. nomor indek
3. referensi silang
4. tanda pengerjaan
5. tanda tangan dan tanGgal
Review kertas kerja
review dilakukan oleh pengawas langsung dari si pembuat kertas kerja. Hal ini dilakukan apabila pekerjaan telah selesai dikerjakan, review di tekankan pada pekerjaan apa yang dilakukan, bukti yang di peroleh, dan kesimpulan yang di capai
• jurnal penyesuaian dan reklasifikasi
adalah koreksi atas kekeliruan, penghilangan atau kesalahan penerapan prinsip akuntansi yang dilakukan oleh klien. Jurnal reklasifikasi berkaitan dengan penyajian saldo yang benar dalam laporan keuangan secara baik.
Pembuatan kertas kerja
Beberapa teknik penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kertas kerja :
1. judul
2. nomor indek
3. referensi silang
4. tanda pengerjaan
5. tanda tangan dan tanGgal
Review kertas kerja
review dilakukan oleh pengawas langsung dari si pembuat kertas kerja. Hal ini dilakukan apabila pekerjaan telah selesai dikerjakan, review di tekankan pada pekerjaan apa yang dilakukan, bukti yang di peroleh, dan kesimpulan yang di capai
5.
Pengarsipan
kertas kerja
Hal-hal yang biasa dimasukkan dalam arsip permanent :
1. salinan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan
2. kode rekening dan buku pedoman prosedur
3. bagan organisasi
4. tata letak pabrik,prosesproduksi dan produk utama
5. ketentuan penerbitan saham dan obligasi
6. salinan kontrak jangka panjang
7. daftar rencan dep aktiva dan amortisasi utang jangka panjang
8. ringkasan prinsip akuntansi yang di gunakan oleh klien
Pemilik dan Penympanan kertas kerja
Kertas kerja adaah milim auditor. Kertas kerja di simpan oleh auditor dan ia bertanggung jawab dalam keamanan dan kerahasiaannya.
Hal-hal yang biasa dimasukkan dalam arsip permanent :
1. salinan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan
2. kode rekening dan buku pedoman prosedur
3. bagan organisasi
4. tata letak pabrik,prosesproduksi dan produk utama
5. ketentuan penerbitan saham dan obligasi
6. salinan kontrak jangka panjang
7. daftar rencan dep aktiva dan amortisasi utang jangka panjang
8. ringkasan prinsip akuntansi yang di gunakan oleh klien
Pemilik dan Penympanan kertas kerja
Kertas kerja adaah milim auditor. Kertas kerja di simpan oleh auditor dan ia bertanggung jawab dalam keamanan dan kerahasiaannya.
Jenis dan Prosedur Audit
Jenis-jenis Bukti Audit
Bukti audit dapat dikelompokkan ke dalam 9
jenis bukti. Berikut ini dikemukakan ke Sembilan jenis bukti tersebut:
1.
Struktur Pengendalian Intern
Struktur pengendalian intern dapat
dipergunakan untuk mengecek ketelitian dan dapat dipercayai data akuntansi.
Kuat lemahnya struktur pengendalian intern merupakan indicator utama yang
menentukan jumlah bukti yang harus dikumpulkan. Oleh karena itu, struktur
pengendalian intern merupakan bukti yang kuat untuk menentukan dapat atau
tidaknya informasi keuangan dipercaya.
Catatan akuntansi seperti jurnal dan buku
besar, merupakan sumber data untuk membuat laporan keuangan. Oleh karena itu,
bukti catatan akuntansi merupakan obyek yang diperiksa dalam audit laporan
keuangan. Ini bukan berarti catatan akuntansi merupakan obyek audit. Obyek
audit adalah laporan keuangan. Tingkat dapat dipercayanya catatan akuntansi
tergantung kuat lemahnya struktur pengendalian intern.
4. Konfirmasi
Konfirmasi merupakan proses pemerolehan dan
penilaian suatu komunikasi lansgung dari pihak ketiga sebagai jawaban atas
permintaan informasi tentang unsure tertentu yang berdampak terhadap asersi
laporan keuangan. Konfirmasi merupakan bukti yang sangat tinggi reliabilitasnya
karena berisi informasi yang berasal dari pihak ketiga secara langsung dan
tertulis. Konfirmasi sangat banyak menghabiskan waktu dan biaya.
Ada tiga jenis konfirmasi, yaitu:
a. Konfirmasi positif
b. Blank confirmation
c. Konfirmasi negative
Konfirmasi yang dilakukan auditor pada
umumnya dilakukan pada pemeriksaan:
a. Kas di bank dikonfirmasikan ke bank klien
b. Piutang usaha dikonfirmasikan ke pelanggan
c. Persediaan yang disimpan di gudang umum.
Persediaan ini dikonfirmasikan ke penjaga atau kepala gudang
d. Hutang lease dikonfirmasikan kepada lessor
5.
Bukti Dokumenter
Bukti documenter merupakan bukti yang paling
penting dalam audit. Menurutr sumber dan tingkat kepercayaannya bukti, bukti documenter
dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a. Bukti documenter yang dibuat pihak luar
dan dikirim kepada auditor secara langsung
b. Bukti documenter yang dibuat pihak luar
dan dikirim kepada auditor melalui klien
c. Bukti documenter yang dibuat dan disimpan
oleh klien.
Reliabilitas bukti documenter tergantung
sumber dokumen, cara memperoleh bukti, dan sifat dokumen itu sendiri. Sifat
dokumen mengacu tingkat kemungkinan terjadinya kesalahan atau kekeliruan yang
mengakibatkan kecacatan dokumen
Bukti documenter banyak digunakan secara luas
dalam auditing. Bukti documenter dapat memberikan bukti yang dapat dipercaya
(reliabel) untuk semua asersi.
6.
Bukti Surat Pernyataan Tertulis
Surat pernyataan tertulis merupakan
pernyataan yang ditandatangani seorang individu yang bertanggung jawab dan
berpengetahuan mengenai rekening, kondisi, atau kejadian tertentu. Bukti surat
pernyataan tertulis dapat berasal dari manajemen atau organisasi klien maupun
dari dari sumber eksternal termasuk bukti dari spesialis. Reprentation letter
atau representasi tertulis yang dibuat manajemen merupakan bukti yang berasal
dari organisasi klien. Surat pernyataan konsultan hokum, ahli teknik yang
berkaitan dengan kegiatan teknik operasional organisasi klien merupakan bukti yang
berasal dari pihak ketiga. Bukti ini dapat menghasilkan bukti yang reliable
untuk semua asersi.
7. Perhitungan Kembali sebagai Bukti Matematis
Bukti matematis diperoleh auditor melalui
perhitungan kembali oleh auditor. Penghitungan yang dilakukan auditor merupakan
bukti audit yang bersifat kuantitatif dan matematis. Bukti ini dapat digunakan
untuk membuktikan ketelitian catatan akuntansi klien. Perhitungan tersebut
misalnya:
a. Footing untuk meneliti penjumlahan
vertical
b. Cross-footing untuk meneliti penjumlahan
horizontal
c. Perhitungan depresiasi
Bukti matematis dapat diperoleh dari tugas rutin seperti penjumlahan
total saldo, dan perhitugnan kembali yang rumit seperti penghitungan kembali
anuitas obligasi. Bukti matematis menghasilkan bukti yang handal untuk asersi
penilaian atau pengalokasian dengan biaya murah.
8.
Bukti Lisan
Auditor dalam melaksanakan tugasnya banyak
berhubungan dengan manusia, sehingga ia mempunyai kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan lisan. Masalah yang ditanyakan antara lain meliputi kebijakan
akuntansi, lokasi dokumen dan catatan, pelaksanaan prosedur akuntansi yang
tidak lazim, kemungkinan adanya utang bersyarat maupun piutang yang sudah lama
tak tertagih. Jawaban atas pertanyaan yang ditanyakan merupaka bukti lisan.
Bukti lisan harus dicatat dalam kertas kerja audit. Bukti ini dpat menghasilkan
bukti yang berkaitan dengan semua asersi.
9.
Bukti Analitis dan Perbandingan
Bukti
analitis mencakup penggunaan rasio dan perbandingan data klien dengan anggaran
atau standar prestasi, trend industry, dan kondisi ekonomi umum. Bukti analitis
menghasilkan dasar untuk menentukan kewajaran suatu pos tertentu dalam laporan
keuangan dan kewajaran hubungan antas pos-pos dalam laporan keuangan. Keandalan
bukti analitis sangat tergantung pada relevansi data pembanding. Bukti analitis
berkaitan serta dengan asersi keberadaan atau keterjadian, kelengkapan, dan
penilaian atau pengalokasian.
Bukti analitis meliputi perbandingan atas
pos-pos tertentu antara laporan keuangan tahun berjalan dengan laporan keuangan
tahun sebelumnya. Perbandingan in dilakukan untuk meneliti adanya perubahan
yang terjadi dan untuk menilai penyebabnya
PROSEDUR AUDIT
Prosedur audit adalah instruksi rinci untuk
mengumpulkan tipe bukti audit tertentu yang harus diperoleh pada saat tertentu
dalam audit. Adapun prosedur audit yang biasa dilakukan oleh auditor meliputi:
1.
Inspeksi Merupakan pemeriksaan secara rinci terhadap dokumen dan kondisi
fisik sesuatu.
2.
Pengamatan (observation)
Pengamatan atau observasi merupakan prosedur
audit untuk melihat dan menyaksikan suatu
kegiatan.
3.
Permintaan Keterangan (enquiry)
Merupakan prosedur audit yang dilakukan
dengan meminta keterangan secara lisan.
4.
Konfirmasi
Konfirmasi merupakan bentukpenyelidikan yang
memungkinkan auditor memperoleh informasi secara langsung dari pihak ketiga
yang bebas.
5.
Penelusuran (tracing) Penelusuran terutama dilakukan pada bahan bukti
dokumenter. Dimana dilakukan mulai dari data awal direkamnya dokumen, yang
dilanjutkan dengan pelacakan pengolahan data-data tersebut dalam proses
akuntansi.
6.
Pemeriksaan bukti pendukung (vouching) Pemeriksaan bukti pendukung
(vouching) merupakan prosedur audit yang meliputi;
Inspeksi terhadapdokumen-dokumen yang
mendukung suatu transaksi atau data keuangan untuk menetukan kewajaran dan
kebenarannya.
Pembandingan dokumen tersebut dengan catatan
akuntansi yang berkaitan.
7.
Perhitungan (counting) Prosedur audit ini meliputi perhitungan fisik terhadap
sumberdaya berwujud seperti kas atau sediaan tangan, pertangungjawaban semua
formulir bernomor urut tercetak.
8.
Scanning Scanning merupakan penelaahan secara cepat terhadap dokumen,
cacatan, dan daftar untuk mendeteksi unsur-unsur yang tampak tidak biasa yang
memerlukan penyelidikan lebih mendalam.
9.
Pelaksanaan ulang (reperforming) Prosedur audit ini merupakan
pengulangan aktivitas yang dilaksanakan oleh klien.
10.
Computer-assisted audit techniques Apabila catatan akuntansi dilaksanakan
dalam media elektronik maka auditor perlu menggunaka Conmputer-assisted audit
techniques dalam menggunakan berbagai prosedur audit di atas.
Prosedur Audit
Prosedur audit adalah metode atau teknik yang digunakan oleh para
auditor untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bahan bukti yang mencukupi dan
kompeten. Pembahasan berikut ini akan berfokus pada review beberapa jenis
prosedur yang digunakan oleh para auditor, prosedur ini dapat digunakan untuk
mendukung pendekatan audit top-down maupun pendekatan auditor bottom-up.
Auditor akan mempertimbangkan bagaimana setiap prosedur ini akan digunakan
ketika merencanakan audit dan mengembangkan program audit. Diberikan
contoh-contoh yang sangat luas tetang bagaimana setiap prosedur audit ini
digunakan oleh para auditor dalam konteks mengaudit siklus transaksi spesifik
san saldo akun terkait.
Berikut ini adalah sepuluh jenis prosedur audit yang akan dibahas
:
1. Prosedur analitis
2. Inspeksi
3. Konfirmasi
4. Permintaan keterangan
5. Perhitungan
6. Penelusuran
7. Pemeriksaan bukti pendukung
8. Pengamatan
9. Pelaksanaan ulang
10. Teknik audit berbantuan komputer.
Pemilihan prosedur audit
yang akan digunakan untuk menyelesaikan suatu tujuan audit tertentu terjadi
dalam tahap perencanaan audit. Efektivitas prosedur dalam memenuhi tujuan audit
spesifik dan biaya pelaksanaan prosedur tersebt harus dipertimbangkan dalam
pemilihan prosedur yang akan digunakan.
Prosedur analitis
Prosedur analitis terdiri dari penelitian dan perbandingan
hubungan antara data. Prosedur ini meliputi perhitungan dan penggunaan
rasio-rasio sederhana, analitis vertikal atau laporan persentase, perbandingan
jumlah yang sebenarnya. Dengan data historis atau anggaran, serta penggunaan
model matematis dan statistik, seperti analisis regresi. Analisis regresi ini
dapat melibatkan penggunaan data nonkeuangan maupun data keuangan. Prosedur
analitis sering kali meliputi juga pengukuran kegiatan bisnis yang mendasari
operasi serta membandingkan ukuran2 kunci ekonomi yang menggerakan bisnis
dengan hasil keuangan terkait. Prosedur analitis umumnya digunakan dalam
pendekatan top-down untuk mengembangkan harapan atas akun laporan keuangan dan
untuk menilai kelayakan laporan keuangan dalam konteks tersebut.
Inspeksi
Inspeksi meliputi pemeriksaan rinci terhadap dokumen dan catatan,
serta pemeriksaan sumber daya berwujud. Prosedur ini digunakan secara luas
dalam auditing. Inspeksi sering klai digunakan dalam mengumpulkan dan
mengevaluasi bukti bottom-up maupun top-down.
Konfirmasi
konfirmasi adalah bentuk permintaan keterangan
yang memungkinkan auditor untuk memperoleh informasi secara langsung dari
sumber independen diluar organisasi klien. Dalam kasus yang lazim, klien
membuat permintaan kepada pihak luar secara tertulis, namun auditor yang
mengendalikan pengiriman permintaan keterangan tersebut. Permintaan tersebut
juga meliputi instruksi berupa permintaan kepada penerima untuk mengirimkan
tanggapannya secara langsung kepada auditor. Konfirmasi menyediakan bukti
bottom-up penting dan digunakan dalam auditing karena bukti tersebut biasanya
objektif dan berasal dari sumber independen
Comments
Post a Comment
Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan.